Mengenal alam di Kebun Wisata Pasirmukti

25 March 2011

Kali ini cerita tentang salah satu tempat wisata agro. Namanya Kebun Wisata Pasirmukti, biasa disebut Kawepe.

Lokasinya di sekitar Cibinong, tepatnya di Citeureup. Dari Jakarta bisa ditempuh melalui Tol Jagorawi, exit di pintu Cibinong/Citereup. Ambil arah kiri menuju Citeureup. Dari sana tinggal ikuti petunjuk jalan yang ada. Memang agak berliku-liku, tapi tidak terlalu jauh dan tidak macet kok. Hati-hati saat sampai di Pasar Citeureup, papan petunjuk jalan agak tertutup oleh keramaian angkot yang ngetem. Kemacetan menuju Kawepe hanya terjadi di sekitar pasar ini saja. Selepas dari sana, jalan relatif lancar tapi akses jalannya hanya muat untuk 2 mobil.

Tidak lebih dari 30 menit dari pintu tol, pintu masuk Kawepe sudah terlihat. Tiket masuk dikenakan biaya 15 ribu per orang, dan sudah mendapat free parking, minuman selamat datang, dan bebas menjelajahi setiap sudut tempat wisata dengan leluasa, baik dengan jalan kaki maupun kendaraan.

Tempat wisata agro ini ternyata sangat luas. Dari pintu masuk, akan ditemui jalan aspal menurun dengan pepohonan yang rindang di kanan kiri. Sebelum sampai ke front office, akan ditemui tempat pembibitan buah dan anggrek. Beberapa aktivitas seperti demo merawat anggrek atau tanaman buah dalam pot (tabulampot) dilakukan di areal ini.

Memasuki area front office, langsung terhampar suasana yang teduh dengan lapangan rumput yang luas. Jangan lupa mampir ke front office untuk mengambil peta Kawepe sebagai petunjuk jalan di dalam areal wisata.

Di sebelah kiri lokasi ini terdapat area penginapan dengan bentuk rumah panggung khas Minahasa. Masuk lebih ke dalam, barulah terdapat wilayah-wilayah untuk outbond atau aneka aktivitas lain. Bagian belakang Kawepe ini dibatasi oleh sungai Cileungsi yang cukup lebar. Pada awal tahun 2011, sungai ini sempat banjir dan menyebabkan tembok batas Kawepe rubuh dan hanyut oleh arus sungai.

Tempat wisata ini sangat cocok digunakan untuk gathering perusahaan atau keluarga. Selain tersedia beberapa pondok penginapan yang cukup luas, di sini juga menyediakan banyak aktivitas “back to nature” yang jarang ditemui di tempat lain seperti menanam padi, membajak sawah, bermain lumpur, memandikan kerbau, menangkap ikan, juga berkemping di lapangan terbuka yang beralaskan rumput hijau.

Di sini juga menyediakan outbond dengan berbagai pilihan permainan yang dipandu instruktur, flying fox yang melintasi sungai Cileungsi, dan ada juga area paintball bernama Combat Battle Fields.

Rata-rata pilihan aktivitas di sini ditujukan untuk grup dengan minimal peserta 10 – 20 orang. Tapi, untuk wisata keluarga juga nggak ada salahnya. Waktu saya dan keluarga ke sana, si kecil senang sekali diajak ke Kampung Pelangi. Di sana bisa melihat kebun binatang mini yang terdapat bebek, domba, marmut, ayam, kerbau dll. Juga bisa bermain air di dalam sungai Cileungsi di area belakang Kawepe. Untuk kegiatan yang berbayar, ada beberapa aktivitas perorangan seperti tanam padi, lukis caping, atau tangkap ikan dengan biaya yang dihitung per-orang.

Kalau ada rencana gathering atau outbond, rasanya tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik :)


Artikel Terkait :


About these ads

6 Responses to “Mengenal alam di Kebun Wisata Pasirmukti”

  1. cindi Says:

    halo,
    mau nanya klo di dalam kompleks-nya, bisa pakai mobil ga ya untuk muter2 di dalam kawasan?

    trims.

    • Dewantoro Bimo Says:

      Bisa.
      Bebas kok mau pake kendaraan atau jalan kaki. Jarak antar tempatnya juga cukup jauh…

  2. elviana Says:

    kalo uang sewa aulanya berapa yha? saya ada acara untuk paskah dan perpisahan kelas 3 sma

  3. Mareta Prisada Says:

    mau tanya, angkutan dari tol citereup ke kawasan pasir mukti itu naik angkot nomor brp dan kira2 tarifnya brp ya? biar kita bisa ukur biaya akomodasinya. makasih

    • Dewantoro Bimo Laksono Says:

      Wah.. maaf untuk info ini belum bisa memberi jawaban. Coba bisa kontak ke pengelolanya langsung :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: